Sabtu, 28 Juni 2014

PTBA - a conversation with director finance of PTBA 23 june 2014

PTBA
Produser Batubara Terlama dan Paling Berpengalaman di Indonesia








download PTBA latest presentation (may 2014)
http://ptba.co.id/assets/datafiles/PTBA_Presentation_MEI.pdf

Pada hari Senin ini 23 Juni 2014 , penulis berkesempatan untuk menghadiri investor gathering yang diadakan di Hotel Hilton oleh danareksa sekuritas di Bandung.
Pada kesempatan kali ini ada 3 perusahaan yang presentasi , yaitu PTBA , ANTM, dan TINS
Ketiganya adalah perusahaan pelat merah (BUMN)

Penulis senang karena bisa mendengar secara langsung paparan publik dari direktur finance masing-masing perusahaan. Namun penulis sangat tertarik dengan paparan PTBA yang disampaikan oleh Bapak Achmad Sudarto.

Berikut poin penting yang disampaikan oleh Bapak Achmad Sudarto (Finance Director of PTBA)
PTBA EMAS - di tahun 2018 PTBA bakal produce around 50 juta ton batubara
PTBA sekarang lagi shifting dari perusahaan coal menuju perusahaan energi di mana nanti pada tahun 2018 , 30-35% revenue bakal disumbang dari energy (power plant, gas), dan probably bottom line akan mencapai 3x-4x lipat dari target tahun 2014. (For info tahun 2014 PTBA asumsi sekurang2nya bakal sampai net income 2 trilyun rupiah, atau sekira EPS 870)


Pro :
- PTBA no debt, and rich of cash (3 trilyun lebih)
- Total Sumber Daya 7.29 milyar ton, total cadangan yang sudah proven 2 miliar ton
(apabila produksi batubara PTBA 20 juta ton per tahun berarti PTBA bisa nambang at least 100 tahun lagi)
- Stripping ratio PTBA salah satu yang paling rendah di antara produsen coal lainnya

Cons :
- Sangat tergantung pada kereta, karena produksi dari lokasi penambangan di Tanjung Enim berjarak jauh ke jetties (namun penulis rasa ga usah kuatir sebab sudah ada action riil untuk penambahan kapasitas kereta , salah satunya pembangunan double track)

3 permasalahan yang penulis tanyakan kepada Bapak Achmad Sudarto
1) Tanya : Bagaimana menurut bapak tentang kemungkinan kenaikan tarif royalti menjadi 13.5%?
Jawab : Kemungkinan besar itu tidak akan dilakukan, karena bila itu dilakukan para pemegang IUP kecil akan tutup produksi. Namun apabila dilakukan PTBA mungkin menderita kerugian sekitar penurunan 2% dari net profit margin saat ini sekitar 17% menjadi 15%

2) Tanya : Bagaimana menurut bapak tentang pembatasan produksi pemerintah tahun 2014 sekitar 390-400 jt ton, sedangkan target produksi PTBA malah naik?
Jawab : Pemegang IUP tidak dibatasi produksinya, hanya pemegang PKP2B yang dibatasi, so PTBA bisa on track dengan target produksinya di tahun 2014 ini.

3) Tanya : Bagaimana menurut bapak tentang shale gas?
Jawab : Shale gas ini revolusioner. Hanya saja kecil sekali kemungkinan untuk bisa menggantikan peran coal di emerging countries seperti halnya China. Why?
Sebab ada perbedaan antara power plant di US dengan China. Power Plant di US adalah "hybrid" dalam arti power plant di US didesign untuk dapat menerima 2 bahan bakar yaitu coal atau gas, sedang power plant di China adalah tipe single yang hanya bisa menerima bahan bakar coal.
So menurut kamu mungkin ga China ganti power plant mereka ke gas?

Coal fired power plant didesign untuk kurang lebih 25 taun operasi dan memakan biaya yang sangat besar. Jadi rasanya hampir tidak mungkin shale gas akan dapat menggeser peran coal di waktu yang singkat ini.
China memakai konsumsi coal 4 milyar ton setiap tahun sedangkan total produksi Indonesia dan Australia aja bila digabung hanya 600jt ton, jadi masih ada defisit yang cukup lebar antara demand dan supply.
China memang memiliki sendiri tambang coal, namun apabila mereka bandingkan mereka produksi sendiri dan impor dari indonesia dan australia , akan lebih menguntungkan bagi mereka (China) untuk impor dari kita.


Kesimpulan :
Penulis berkeyakinan tinggal hanya menunggu waktu saja untuk sektor industri batubara pulih kembali, mungkin di sekitar 2015-2018 (rough guess) sektor batubara akan menggeliat kembali.
Penurunan saham sektor batubara yang cukup besar dari tahun tahun sebelumnya memberikan peluang yang sangat menarik bagi kita para investor untuk membelinya.

Saham batubara yang menarik menurut penulis:
PTBA , KKGI, ITMG ,ADRO

analisa lengkap mungkin akan penulis share di lain waktu (apabila saya sempat :D)

Stay tuned and stay rational
Subscribe this blog and spread it if u find useful.
Shendy Lukito

Shendy Lukito
SAHAM101.COM



0 komentar :

Posting Komentar